Laman

Kamis, 18 September 2014

Ilmu teknologi pangan




Dalam Bidang Pengajaran. Berhasil mengemban tugas dalam peningkatan kualitas kurikulum dan akademik, dengan tersusunnya terselenggaranya Lokakarya Kurikulum berbasis Kompetensi Tahun 2006 ( Pemateri oleh Prof. Simon Wijanarko, MApp.Sc Guru Besar dari FTP UB Malang), yang diikuti dengan Penyusunan SAP berbasis Kompetensi pada tahun 2007 dan 2008. SAP yang tersusun berjumlah 50 pada akhir tahun 2008. Juga telah melaksanakan Lokakarya Penyusunan SOP Monitoring Implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi, 2 September 2008. Pemateri yang dihadirkan adalah Dekan FTP UB yaitu Prof. Harijono, MApp Sc.


Juga telah melaksanakan Workshop Peningkatan Managemen Laboratorium guna meningkatkan skill mahasiswa, pada  kegiatan tersebut mengundang pemateri yaitu Dr. Joni Kusnadi, MSi ( Laboratorium PAU UB),  Ir. Lucky, Direktur CV. Arjuna Flores Malang yang telah berhasil mengembangkan usaha hortikultura ( ubi jalar ungu, bunga potong/ hias) hingga dapat melakukan ekspor ke Jepang.


Telah dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis artikel ilmiah dan publikasi maka setiap tahun/semester, jurusan mempunyai program memberangkatkan para staf / dosen yang berhasil terpilih sebagai Pemateri suatu Seminar skala regional maupun Nasional bahkan Internasional nantinya, karena berhasil lolos memasukkan naskah / makalah untuk dipublikasi dalam Proseding kegiatan tersebut. Hal ini berguna meningkatkan kerjasama antar sesama profesi dan minat himpunan keahlian. Organisasi profesi yang telah diikuti antara lain PATPI (Persatuan ahli teknologi pangan Indonesia), PAPI (Persatuan ahli pigmen alami Indonesia), PERMI (Persatuan Ahli Mikrobiologi Indonesia).


BIDANG PENGABDIAN
Dalam ASPEK PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, para dosen / staf cukup aktif dalam melaksanakannya. Baik melalui dana internal UMM maupun dari dana luar UMM (PEMDA, DIKTI dll.). Secara rutin para staf membentuk tim pengabdian yang terdiri dari 2-3 orang staf. Dana dari DIKTI diperoleh melalui kegiatan IPTEKS, VOUCER, KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (Pemateri Topik : Susu Sehat (Anggota tim) bekerjasama dengan DP2M DIKTI. Juga relatif rutin mengadakan peyuluhan atau sosialisasi dan demo teknologi (masyarakat luas: PKK, petani) ke berbagai daerah / kota dan ke sekolah (dari SMP hingga SLTA).


Pada tahun 2009 terpilih sebagai Ketua prodi Terbaik Tingkat II se Universitas Muhammadiyah Malang. Pada akhir Tahun 2009, staf pengajar Prof. Dr. Ir. Noor Harini, MS. berhasil memperoleh gelar Profesor wanita pertama di Universitas Muhammadiyah Malang.


Berbagai prestasi tersebut telah meningkatkan kepercayan stakeholder. Hal dapat dilihat dengan adanya kepercayaan dari LP POM MUI Jawa Timur untuk melibatkan dosen-dosen Program Studi untuk menjadi PENGURUS DAN AUDITOR HALAL.  Saat ini terdapat 1 orang yang dipercaya sebagai pengurus harian LP POM MUI Propinsi Jawa Timur, yaitu Prof.Dr.Ir. Noor Harini, MS, sedangkan yang dipercaya untuk menjadi auditor halal ada 8 (delapan orang), antara lain: Prof.Dr.Ir. Noor Harini, MS, Prof.Dr.Ir. Indah Prihartini, MP, Dr.Ir. Damat, MP, Dr.Ir. Elfi Anis Saati, MP, Dr (Cand).Ir. Warkoyo, MP dan Moch. Wachid, S.TP., M.Sc.



http// kutipankuliah.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar